BACA... BACA.. BACA..

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُِ

Assalaamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh..
Sahabat fillah, gimana nih kabarnya ? Lama gak ngepost nih. Hihi. Kali ini saya mau bahas tentang... "MEMBACA"

     Melihat keaadaan Indonesia saat ini, tingkat minat baca untuk segala usia masih tergolong minim. Entah alasannya tak ada waktu, males untuk memulai, sampai bingung mau baca apa.

Apa sih gunanya membaca ???
     Oke, mari berpikir simpelnya dulu ya.. Hehe. Sering kan diantara kita yang menerima kiriman berita-berita dari whatsapp ? Nah, tak sedikit diantara kita yang langsung begitu saja percaya. Alhasil, ya.. kita tidak bisa membedakan antara real dengan hoax. Ayo dong... Tanpa saya jelaskan, pastilah kalian paham sendiri manfaaf dari membaca. Hihi.

Siapa yang mestinya tertarik dengan minat baca ???
     Membaca itu tak harus melulu soal pelajaran. Baik kalangan muda maupun tua. Kakek, nenek, om, tante, sampai adik pun sudah selayaknya memiliki minat baca. Baca apapun hal yang sifatnya mendidik, menambah wawasan dan pengetahuan. Minimal ada hal bermanfaat yang kita dapat dari bacaan tersebut.

Dimana kita bisa mulai membaca ???
     Teman-teman semua yang saya cintai dan yang mencinta saya... *Huekk Membaca itu tidak harus di perpustakaan. Tidak harus identik dengan kutu buku yang culu. Tidak harus identik dengan buku-buku yang tebal. Kamu bisa memulai membaca dimana pun dan kapan pun. *Tapi beda lagi kalau sedang ujian close book yaa. Hihi.

Kapan kita bisa belajar tertarik untuk membaca ???
     Tak perlu terlalu banyak rencana untuk mulai membaca. Kamu bisa mulai dari sekarang ! Membaca itu bukan sekedar ingin mencari tahu. Minimal kita bisa jadikan sebagai hiburan ! Banyak novel-novel yang penuh makna di Indonesia. Yang tentunya belum kamu baca ! Hehe.

Mengapa kita harus rajin membaca ???
     Sudah dijelaskan di awal. Selain menambah wawasan, membaca juga pastinya meningkatkan kecerdasan. Kenapa enggak ? Seseorang bisa dikatakan cerdas, jika bisa membedakan hal baik dengan hal buruk. Bisa membedakan yang fakta dengan yang hoax. Tujuan simpelnya, agar kita tidak mudah termakan berita hoax. Hihi. So, kamu pasti bisa bayangkan manfaat lain dari membaca.

Gimana cara agar kita tertarik membaca ???
     Ya.. Emang ini sih yang pr banget. Wkwk. Contohnya, saya. Saya salahsatu orang yang cukup malas membaca. Nah... Setelah menyadari kemalasan ini, sedikit demi sedikit mari kita mulai membaca. Di waktu senggang, saya membaca novel-novel penulis seperti Habiburahman El-Shirazy, Tere Liye, ataupun penulis lainnya. Tapi ini sih dua novelis yang sangat saya sukai, Hihi. Sekarang, minat baca pada diri saya mulai meningkat. Dan.. mungkin faktor kuliah yang menuntut saya untuk terus membaca. Tapi bukan berarti saya seorang kutu buku seperti yang kamu bayangkan ya. Hihi.
     Selain membaca sebagai hiburan, membaca juga dapat membantu kamu dalam menemukan jawaban atau suatu bahan. Misalnya, kamu sedang menulis skripsi atau hendak presentasi. Nah.. PR banget kan untuk kamu menemukan bahan-bahan ? Kalaupun kamu tidak sedang dalam keadaan tuntutan membaca, kamu bisa membaca sekedar menambah informasi, Hihi.

     So, untuk kamu semua, selamat membaca:)
Wassalaamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh.
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُْ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Bakteri, Virus, Jamur, dan Protozoa

Dosis Obat